Sabtu, 12 Juni 2010

Micro Teaching


Pengertian dan Tujuan M.T

A. Pengertian Micro-Teaching Micro berarti kecil, terbatas, sempit. Teaching berarti mendidik atau mengajar. Micro-teaching berarti suatu kegiatan mengajar dimana segalanya diperkecil atau disederhanakan. Apa yang dikecilkan atau disederhanakan, yaitu : · Jumlah siswa 5-6 orang · Waktu mengajar 5 – 10 menit · Bahan pelajaran hanya mencakup satu atau dua hal yang sederhana · Ketrampilan mengajar difokuskan beberapa ketrampilan khusus saja. Unsur micro merupakan ciri utamanya dan berusaha untuk meyederhanakan secara sistimatis keseluruhan proses mengajar yang ada. Usaha simplikasi ini didasari oleh asumsi bahwa : “sebelum kita dapat mengerti, dapat belajar dan dapat melaksanakan kegiatan mengajar yang komplek, kita harus menguasai dulu komponen-komponen dari keseluruhan kegiatan yang ada.” Maka dengan memperkecil murid, menyingkat waktu, mempersempit saran-saran serta membatasi ketrampilan, perhataian dapat sepenuhnya diarahkan pada pembinaan penyempurnaan ketrampilan khusus yang sedang dipelajari

Tujuan Operasional Micro Teaching Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam microteaching adalah sebagai berikut : 1. Mengembangkan kemampuan mawas diri dan menilai orang lain. 2. Memungkinkan adanya perbaikan dalam waktu singkat. 3. Menanamkan rasa percaya pada diri dan bersifat terbuka dengan kritik orang lain 4. Mengembangkan sikap kritis 5. Menanamkan kesadaran akan nilai ketrampilan mengajar dan komponen-komponenya. 6. Mengenal kelemahan-kelemahan dan keliruan–keliruan dalam penampilan ketrampilan mengajar dan tahu penampilan yang baik. 7. Memberi kesempatan guru untuk melihat dan mendengar dirinya sendiri. 8. Memberi kesempatan untuk mengikuti kembali kritik dan diskusi caranya mengajar berulangkali. 9. Memungkinkan untuk membuat model cara mengajar. 10. Memungkinkan banyak orang yang dapat mengikuti proses belajar dan tidak tentu waktunya. 11. Merupakan medan untuk mencobakan sistem atau metode baru untuk diteliti sebelum dikembangkan. 12. Memberi kesempatan pendekatan analistis mengenai ketrampilan dan strategi mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar